Membuat dan Mengakses Library pada Delphi

Library atau DLL adalah file executable yang berguna untuk menyimpan procedure atau routines tertentu yang dapat digunakan oleh beberapa program secara bersamaan. Misalnya kita akan membuat beberapa program yang membutuhkan suatu procedure yang sama, maka procedure yang akan digunakan secara bersama (shared) tersebut dapat kisa simpan pada satu file DLL, tentu saja dengan cara ini kita akan memperkecil ruangan yang akan dipake di hard disk. OK, cukup teori, mari kita mulai programnya.

Langkah Kerja

* Jalankan Delphi, buat project baru dengan tipe DLL Wizard
New Delphi DLL project
* Kalo udah, ketikkan code di bawah:

library TestDoank;

uses
SysUtils, Classes, Dialogs;

procedure CumaTest; export;
begin
ShowMessage(‘Message box ini dipanggil dari file library lho !’);
end;

exports
CumaTest;

{$R *.res}

begin end.

Penlejasan: perintah export ngasih tau compiler bahwa procedure CumaTest; harus di-export, sedangkan clause exports gunanya untuk mendeklarasikan porcedure-procedure yang akan di-export.

* Compile library di atas, buat project .exe biasa yang baru di Delphi
* Tambahkan satu command button pada form1
* Buatlah procedure baru seperti code di bawah:

procedure CumaTest;
external ‘TestDoank.dll’;

Penjelasan: cuma mendeklarasikan procedure CumaTest, perntah external memberi tau compiler bahwa procedure CumaTest menggunakan library external bernama TestDoank.dll (yang kita buat tadi)

* Ya udah, cuma itu aja, untuk memanggil procedure dari library, tinggal menggunakan perintah CumaTest;

Demikianlah tulisan singkat ini, kalo ada salah mohon dikoreksi + dimaafkan. Semoga bermanfaat, any comment are welcomed…

Open this :
Link

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: